Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Plt Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI Resmi Membuka Pertemuan Fasilitasi Transformasi BBPK,Bapelkes Di Bapelkes Batam

Kamis, 25 Mei 2023 | Mei 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-25T23:38:35Z





Abinews.com - Batam | Kegiatan pertemuan dalam rangka transformasi BBPK dan Bapelkes sebagai unit bidang kesehatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 24-26 Mei 2023, bertempat di Bapekes Batam.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI, Plt Bu Anna Kurniati, SKM, MA, Ph.D. dan dihadiri oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Balai Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) se- Indonesia.



Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI, Plt Anna Kurniati, SKM, MA, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Upaya Kementerian Kesehatan untuk melakukan transformasi dalam rangka 2020- 2024, adalah melalui 6 pilar transformen dan salah satunya adalah Transformasi SDM Kesehatan.

"Transformasi SDM merupakan salah satu pilar transformasi yang berperan penting dalam mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan," kata Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI.

"Berbicara mengenal transformasi SDM Kesehatan, tentunya tidak lepas dari upaya pengembangan kompetensi tenaga kesehatan sebagai bagian dari SDM," kata Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI.

"Kesehatan Dalam pengembangan tersebut membutuhkan institusi pelatihan yang bermutu dan diharapkan dapat berperan dalam mendukung pemenuhan SDMK yang kompeten, melalui penyelenggaran pelatihan yang bermutu," tuturnya. 

"Selain itu, dengan terbitnya Permenkes Nomor 11 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Bidang Pelatihan Kesehatan di Lingkungan Kementerian Kesehatan, BBPK dan Bapelkes harus melakukan perubahan dalam hal peningkatan mutu. Terdapat perbedaan antara Pemenkes Nomor 50 Tahun 2020 dengan Permenkes Nomor 11 Tahun 2023," papar Plt Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI.

Salah satu perbedaan yang sangat mendasar yaitu pada bab V (lima), terkait kelompok jabatan fungsional Pemberian penugasan kepada kelompok jabatan fungsional diatur oleh Kepala UPT Bidang Pelatihan Kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan beban kerja serta permasalahan yang dihadapi. 

Dalam hal pelaksanaan tugas dikerjakan secara kelompok, Kepala UPT Bidang Pelatihan Kesehatan dapat mengangkat ketua tim kerja dan anggota.

"Agar implementasi transformasi BBPK/Bapelkes terlaksana dengan baik, diperlukan upaya sinkronisasi antara Direktorat Peningkatan Mutu dan balai Terdapat hal yang perlu ditindaklanjuti terkait peningkatan kompetensi, diantaranya adalah Platform Pelatihan Digital Plataran Sehat yang harus dimaksimalkan pemanfaatannya oleh BBPK dan Bapelkes, yang kedua adalah perubahan struktur organisasi menyesuaikan Permenkes Nomor 11 Tahun 2023," jelasnya.

"Diharapkan balai segera menyesuaikan dengan roadmap pengembangan BBPK dan Bapelkes sesuai dengan perkembangan Permerkes Nomor 11 Tahun 2023 yang di-support oleh tim champion," harap Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI.

"Pemilihan tim champion ini berdasarkan pada kriteria yang telah ditentukan, baik tingkat integritas maupun kualitas pemikiran yang mumpuni. Tim Champion ini yang menjadi pendukung utama dalam terbentuknya Transformasi BBPK dan Bapekes," tutup Direktur Peningkatan Mutu Kemenkes RI. (Redaksi)

×
Berita Terbaru Update