Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pengembangan Pelayanan Kesehatan Tradisional Pada UPT Bapelkes Provinsi Sumatera Selatan

Senin, 05 Desember 2022 | Desember 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-06T07:26:23Z


Abinews.com - Sumsel | UPTD Bapelkes Provinsi Sumsel baru saja memanen beberapa tanaman yang ada di lahan Taman Obat Keluarga (TOGA), oleh Kepala Bapelkes, Dewi Oktaria, S.Sos. bersama Widyaiswara dan pegawai Bapelkes lainnya.   

TOGA ini  merupakan  wujud partisipasi UPTD Bapelkes Provinsi Sumsel dalam pegembangan Pelayanan Kesehatan Tradisional (YanKesTrad). Jenis TOGA yang dapat dijumpai  sangat variatif. 


Lahan TOGA sekitar UPTD Bapelkes telah lama memiliki berbagai tanaman mulai dari tanaman obat buah, tanaman obat bentuk batang, tanaman obat bentuk daun, tanaman obat sayuran, tanaman obat akar (rimpang), tanaman bentuk bunga dan tanaman berbentuk umbi serta akar. 

Selain berbagai jenis TOGA yang ada, juga perlu diketahui akan berbagai kandungan dari TOGA ini seperti daun Bangun-Bangun  sebagai laktagogum, yaitu dapat meningkatkan sekresi dan produksi air susu ibu.  


Pengembangan TOGA selanjutnya akan direncanakan untuk memfasilitasi kebutuhan semua mitra yang ingin mengembangkan TOGA pada unit masing-masing seperti Puskesmas yang ada di Palembang. 


Rencana pengembangannya meliputi menambah jenis tanaman obat lain, mengadakan pameran dan juga melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang dapat menghasilkan simplisia dari hasil TOGA ini. (Red)

Sumber : Bapelkes Provinsi Sumatera Selatan 
×
Berita Terbaru Update