Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kepala Bapelkes Semarang Membuka Penguatan Kompetensi SDM Widyaiswara Bapelkes Semarang

Selasa, 22 November 2022 | November 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-23T01:09:55Z


Abinews.com – Yogyakarta | Kepala Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang, Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid. membuka Penguatan Kompetensi Sdm Dalam Penyusunan Strategi Internalisasi  dan Implementasi Core Value BerAKHLAK dalam Pelatihan di Bidang Kesehatan, dengan Narasumber utama pada workshop ini Drs. M.Aminudin Maliki, M.Ed. dari Bangkompimnas MASN LAN RI. (22/11).

Pada sambutannya, Asep menyampaikan bahwa Presiden Jokowi telah meluncurkan Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” untuk Percepatan Transformasi ASN Indonesia pada tanggal 27 Juli 2022, dan menjadi nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang dituangkan pada SE MENPANRB Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN.



"Dan Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Kepmenkes Nomor 1179 Tahun 2022 tentang Implementasi Core values BerAKHLAK dan Employer branding Bangga Melayani Bangsa di Lingkungan Kemenkes," kata Asep.

"Membangun budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) memerlukan usaha berkelanjutan. Bukan sekadar sosialisasi, internalisasi nilai dasar (core values) BerAKHLAK adalah strategi yang diperlukan agar bibit BerAKHLAK dapat berkembang dengan subur," tutur Asep.

Dalam konteks pelaksanaan reformasi birokrasi, upaya pembangunan budaya kerja BerAKHLAK menjadi aspek utama penguatan manajemen perubahan. Penguatan peran agen perubahan (agent of change) dalam aktivasi budaya kerja ASN menjadi sorotan penting. 

"Komitmen yang kuat dari pimpinan dan setiap unsur organisasi dalam mendorong perubahan dari berbagai aspek pelaksanaan reformasi birokrasi dapat mentransformasi sistem kerja organisasi, pola pikir, dan culture set ASN menjadi lebih adaptif, inovatif, responsif, dan berintegritas selaras dengan perkembangan zaman dan kebutuhan stakeholder yang semakin meningkat," ujar Asep dalam sambutannya. 

Bapelkes Semarang sebagai UPT Bidang Pelatihan Kesehatan merupakan UPT di lingkungan Kementerian Kesehatan yang melaksanakan tugas di bidang pelatihan kesehatan. 

Dalam menjalankan tugasnya, tentunya nilai-nilai dasar BerAKHLAK menjadi dasar penguatan budaya kerja untuk mendukung pencapaian kinerja individu yang pada akhirnya mampu berkontribuasi dalam mencapai visi misi dan menguatkan nilai  Bapelkes Semarang.

Kegiatan Penguatan Kompetensi  SDM ini bertujuan untuk menyusun strategi internalisasi dan implementasi Core value Ber-akhlak dalam pelatihan di bidang kesehatan.  

Internalisasi ini menempatkan BerAKHLAK sebagai nilai dan keyakinan di hati ASN
Peserta diharapkan mampu menginternalisasi dan mengimplementasikan core value ber-akhlak dalam menjalankan tugas dan jabatannya. 

Upaya internalisasi dan implementasi nilai berAKHLAK inilah yang nantinya akan menghasilkan dampak untuk meningkatkan indeks layanan publik ASN. 

Pada akhir sambutan, menyampaikan  terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan Strategi  Internalisasi dan Implementasi Core value Berakhlak. 

“Besar harapan saya, kegiatan penguatan ini sebagai komitmen kita bersama dalam Internalisasi, aktivasi, dan penguatan budaya BerAKHLAK diharapkan akan melahirkan outcome berupa perubahan perilaku ASN sesuai panduan perilaku BerAKHLAK dan peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik oleh ASN. 

Pada akhirnya, perbaikan citra publik terhadap ASN serta peningkatan minat publik menjadi ASN, yang bangga melayani bangsa juga dapat tercapai.” Ujar Asep. 

Asep mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengikuti dengan seksama dari awal hingga akhir acara sehingga semua materi dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik di kemudian hari. (Red/AZM)
×
Berita Terbaru Update