Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Catatan Penting, Dibalik Kesuksesan Milad HAKLI Ke-67

Senin, 28 November 2022 | November 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-28T14:14:59Z


Abunews.com - Terimakasih kepada para adik-adik, Prof Arief, pak Bambang dan semua yunior pusat, daerah, pengurus dan anggota yang telah meneruskan cita-cita luhur HAKLI yang dideklarasikan tahun 1980 melalu reformasi organisasi melalui konggresnya IKKI. 

Di ulang tahun 67 ini, HAKLI terlihat semakin besar, matang, dan disegani oleh masyarakat dan pemangku pengambil keputusan di negeri ini disamping dicintai anggotanya. 

Hal ini terbaca dari keberhasilan menghadirkan Bapak Wapres Prof Ma'ruf Amin dan Menkes Ir. Budi Gunadi serta beberapa dirjen dalam seminar nasional tahun 2022 di Serpong 19 November disamping keberhasilan program penataan anggota. 

Keberhasilan fenomenal lain yg saya catat adalah ketika semua pegiat kesling, anggota dan pengurus HAKLI mempertahankan eksistensi organisasi kesehatan lingkungan di Kemenkes, yang di konsep sebelumnya kesehatan lingkungan hilang dari tataran organisasi Kemenkes. 

Kata Kesehatan Lingkungan bukan sekedar tujuan program semata tetapi merupakan semboyan, kalimat, frasa, ataupun kata yang menjadi motivasi, semangat, dan yang sudah menjadi roh perekat perjuangan anggota HAKLI. Sekali lagi terimakasih adik-adik yunior memajukan HAKLI.

Saya ingin menyampaikan dua hal menghadapi masalah lingkungan dan kesehatan kedepan yang semakin complicated:

1. Outward Looking
Dua modal organisasi yang kita punyai saat ini HAKLI dan Direktorat Penyehatan Lingkungan, dijaga jangan sampai salah satunya tereliminasi. 

Oleh karena itu perlu melakukan revitalisasi kedua organisasi tersebut, program kerja HAKLI harus memperkuat Dit PL disamping itu program kerja Dit PL juga harus memperkuat eksistensi HAKLI. 

Hijrahnya organisasi Dit PL dari satu ditjen ke ditjen lain yang kemudian kembali ke ditjen lama yang melahirkan harus dilihat sebagai hal yang bukan peristiwa biasa, ada sesuatu yang tidak pas disitu, evaluasi sangat diperlukan. 

Revitalisasi program kerja HAKLI dan Dit PL, saya rasa perlu dilakukan jangan sampai organisasi kita lebih menguntungkan profesi lain dan sedikit bermanfaat bagi profesi kesling/sanitarian. 

Indikator keberhasilanya sederhana, hanya melontarkan pertanyaan: apakah HAKLI memperkuat program kesling, apakah program Dit PL memperkuat HAKLI. 

2. Inward Looking.
Keanggotaan HAKLI tidak sedikit dan organisasinya semakin besar termasuk SDM serta sarana dan prasarananya. 

Tentunya kita ingin semakin besar, oleh karena itu memerlukan penyelenggaraan organisasi yang transparan, transparansi dan keterbukaan atas semua tindakan dan kebijakan yang diambil oleh pimpinan HAKLI, transparan akan menciptakan kepercayaan timbal-balik antara pimpinan dan anggota. 

Salah satu cara menciptakan trsnsparsnsi adalah melakukan auditing secara berkala yang terbuka bagi anggota. 

Demikian pandangan saya, atas kesuksesan pengurus menyelenggarakan milad ke 67 dan membesarkan organisasi, Selamat dan semoga HAKLI tetap jaya. Salam sehat. (Red)

Sumber : Dr. Hening Sarlito SKM, Dipl SE.

×
Berita Terbaru Update