Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pencanangan Imunisasi IPV2 Di Klaten Untuk Berantas Penyakit Polio

Rabu, 28 Juni 2023 | Juni 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-29T04:03:45Z



Abinews.com - Klaten, Jawa Tengah | Kepala Bapelkes Semarang, Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid bersama beberapa pimpinan UPT Vertikal Kemenkes di Jawa Tengah menghadiri Pencanangan Imunisasi IPV 2 di Grha Bung Karno Klaten Klaten pada Rabu, 21 Juni 2023.

Menkes RI bersama Ketua DPR RI didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah, Bupati dan Walikota se-Solo Raya beserta Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI, mencanangkan Imunisasi Inactived Poliovirus Vaccine Dosis Kedua (IPV2) secara nasional. Pencanangan disaksikan oleh tamu undangan beserta masyarakat Klaten.


Menkes RI Budi Gunadi Sadikin, dalam sambutannya menyampaikan untuk jumlah anak yang divaksinasi dalam suatu wilayah minimal 90 %, untuk mencegah penularan ke anak lain. 

Lebih lanjut Menkes RI menyampaikan bahwa pencanangan ini tidak hanya bertujuan untuk melengkapi rangkaian dosis Imunisasi Polio yang diperlukan di Indonesia, tetapi juga diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya penguatan program imunisasi nasional secara menyeluruh.


Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani menyampaikan pemberian vaksinasi polio dosis kedua penting bagi anak. 

Karena kelengkapan imunisasi pada anak merupakan hal penting untuk mempertahankan Indonesia bebas polio dan mewujudkan eradikasi polio global tahun 2026.

Sebelumnya Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan ini dalam sambutannya. 


Perluasan Introduksi Imunisasi IPV2 secara nasional sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/MENKES/1453/2022 tentang Pelaksanaan Introduksi Imunisasi IPV2, dimana perlu dilaksanakan pencanangan.

Acara pencanangan dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan imunisasi di Grha Bung Karno Klaten dan Posyandu Gumpang, Balai Desa Gumpang, Sukoharjo. (Red/Ar)


×
Berita Terbaru Update