Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Plt. Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan Kemenkes RI Membuka Pelatihan Surveilans PD3I Angkatan 3 Bapelkes Semarang

Senin, 08 Mei 2023 | Mei 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-09T05:21:28Z



Abinews.com - Semarang | Plt. Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Anna Kurniati, S.K.M., M.A., Ph.D. membuka Pelatihan Surveilans Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) Angkatan 3 Bapelkes Semarang. Pelatihan dibuka secara daring pada  Jum’at, 5 Mei 2023.

Dalam sambutannya Plt. Direktur Anna Kurniati  menyampaikan Surveilans PD3I menjadi kunci. “Jika kita bisa memantau, bisa memitigasi lebih awal maka potensi - potensi  Kejadian Luar Biasa (KLB) itu bisa kita perkecil, supaya tidak meluas. 


"Yang bisa melaksanakan surveilans PD3I adalah petugas kesehatan yang harus mempunyai kompetensi di bidang surveilans. “jelasnya. 

Lebih lanjut, Plt. Direktur mengucapkan terima kasih kepada Bapelkes Semarang yang telah menyelenggarakan pelatihan ini, mengingat pentingnya Puskesmas mempunyai tenaga surveilans yang cukup. 

“Kami mendukung penuh diselenggarakan pelatihan ini, supaya penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi ini semakin kita eliminasi, semakin banyak anak-anka balita terjaga kesehatannya, “ungkapnya.


Kepala Bapelkes Semarang, Asep Zaenal Mustofa, SKM,M.Epid menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. 

Pelatihan ini bertujuan agar peserta mampu melakukan surveilans PD3I di Puskesmas sesuai ketentuan yang berlaku. Pelatihan dilaksanakan secara blended learning pada tanggal 5 - 17 Mei 2023. 

Peserta pelatihan sejumlah 30 orang merupakan Petugas Surveilans di Puskesmas, yang berasal dari Puskesmas di Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

“Selamat mengikuti pelatihan, semoga dapat menjadi surveyor maupun epidemolog yang mampu mengaktualisasikan pelatihan dan berkompeten di bidangnya," harapnya. (Ar)

×
Berita Terbaru Update