Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bapelkes Lampung Laksanakan Pemeriksaan Deteksi PTM

Senin, 10 Oktober 2022 | Oktober 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-10T07:28:06Z



Abinews.com - Lampung | Bapelkes Lampung melaksanakan pemeriksaan kesehatan melalui deteksi dini faktor Penyakit Tidak Menular (PTM), yang merupakan salah satu program kerja untuk meningkatkan kultur mutu dan budaya kerja Sumber Daya Manusia di UPTD Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Kesadaran melakukan pemeriksaan deteksi dini faktor PTM akan memberi gambaran status kesehatan kita.

Menurut Kepala Bapelkes Lampung, dr. Asih Hendrastuti Kepala Bapelkes Lampung, “Apabila PTM terdeteksi dini maka upaya upaya untuk melakukan perbaikan gaya hidup bisa dilakukan dan pada akhirnya PTM tersebut dapat dikendalikan,”



"Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah dicanangkan pemerintah melalui Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017, dimana salah satu kegiatan pokoknya adalah upaya peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit," kata Kabapelkes Lampung.

Pada prinsipnya tujuan GERMAS adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas.



"Kegiatan pemeriksaan kesehatan melalui deteksi dini faktor Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu program kerja untuk meningkatkan kultur mutu dan budaya kerja Sumber Daya Manusia di UPTD Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung," ujar Kabapelkes Lampung.

Kesadaran melakukan pemeriksaan deteksi dini faktor PTM akan memberi gambaran status kesehatan kita. Apabila PTM terdeteksi dini maka upaya upaya untuk melakukan perbaikan gaya hidup bisa dilakukan dan pada akhirnya PTM tersebut dapat dikendalikan.



Pemeriksaan Deteksi PTM beberapa waktu yang lalu melibatkan 48 orang (81,36%) dari 59 orang SDM UPTD Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang ada, 11 orang (18,64%) lainnya belum bergabung untuk kegiatan pada hari tersebut diantaranya disebabkan karena sedang dinas luar ataupun karena petugas yang bekerja pada shift malam.

Selanjutnya, Asih menyampaikan hasil pemeriksaan yang dilakukan didapatkan bahwa ;

1. 7 orang (14,6%) peserta skrining adalah usia dewasa muda, 17 orang (34,5%) peserta skrining adalah usia dewasa akhir, 19 orang (39,6%) peserta skrining adalah usia lansia awal dan 5 orang (10,4%)peserta skrining adalah usia lansia akhir

2.24 orang (50%) peserta skrining kurang melakukan aktifitas fisik dan 24% (50%) peserta skrining cukup melakukan aktifitas fisik

3. 37 orang peserta skrining (77,1%) kurang mengkonsumsi buah dan sayur dan 11 orang peserta skrining(22,0%) cukup mengkonsumsi buah dan sayur

4.13 orang peserta skrining (27.1%)mengkonsumsi gula >= 4 sdm/hari dan 35 orang peserta skrining (72,9%) mengkonsumsi gula < 4 sdm/hari

5. 27 orang peserta skrining (56,3%)mengkonsumsi garam >= 1 sdt / hari dan 21 orang peserta skrining (43,8%) mengkonsumsi garam < 1 sdt /hari

6. 23 orang peserta skrining (47.9 %)mengkonsumsi minyak >= 5 sdm / hari dan 25 orang peserta skrining (52,1%) mengkonsumsi minyak < 5 sdm / hari.

7.2 orang (4,25 %) peserta skrining tergolong kurus, 20 orang (41,7%) tergolong normal, 7 orang (14,6%) tergolong gemuk dam 19 orang (39,6%) tergolong obesitas
Dari data diatas didapatkan bahwa 85% SDM di UPTD Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung berusia > 35 tahun, 50% memiliki kebiasaan melakukan aktifitas fisik, 71% kurang mengkonsumsi buah dan sayur, 56,3% mengkonsumsi garam >= 1 sdt / hari dan 54,2% memiliki berat badan diatas normal.


Menurut Asih, Hasil kegiatan tersebut segera ditindaklanjuti oleh tim pengelola program GERMAS UPTD Bapelkes Provinsi Lampung dengan melaksanakan :

1.Tim GERMAS UPTD Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung akan mengirimkan pesan kesehatan pada grup komunitas (WAG) lebih intensif terkait pesan pesan GERMAS terutama tentang aktifitas fisik dan diet gizi seimbang.

2.Membentuk kelompok diskusi dan motivasi diet seimbang terutama bagi yang memiliki berat badan diatas normal dengan komitmen menurunkan berat badan menuju normal.

Selanjutnya Asih menyampakan apresiasi yang luar biasa, untuk Tim Program GERMAS UPTD Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang telah melakukan persiapan kegiatan ini sehingga berjalan lancar dan sukses.

Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara periodik agar SDM UPTD Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung selalu sehat dan dapat memberikan pelayanan secara professional (Red/SM, AH)
×
Berita Terbaru Update